Informasi Digital Indonesia

Menerima layanan graphic design, branding consultant, dan SEO agency di jakarta, Indonesia.

Mari Mengenal Perbedaan SEM dan SEO

Mari Mengenal Perbedaan SEM dan SEO

Mari Mengenal Perbedaan SEM dan SEO

Dalam dunia digital marketing, kita mungkin sering mendengar istilah kata SEO dan SEM. Kedua kata tersebut sangat erat dengan dunia digital marketing, karena berkaitan erat dengan strategi pemasaran. SEO sendiri bisa di bilang strategi digital marketing yang melibatkan website agar bisa betahan di halaman pertama google. Sedangkan SEM sendiri seperti layaknya iklan di mesin pencari google yang melibatkan berapa lama cost yang di perlukan untuk tampil bisa meng-iklan. Namun, saat ini kebanyakan orang lebih fokus pada SEO, karena memang secara jangka panjang sangat bagus. Jika nantinya website sudah berhasil di halaman utama Google, maka tidak perlu lagi mengeluarkan cost seperti layaknya SEM. Oleh karena itu banyak sekali Jasa SEO di situs internet, karena memang di butuhkan oleh banyak orang. Akan tetapi, mari kita lihat apa saja perbedaan SEO dan SEM.

SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari adalah sebuah suatu strategi atau serangkaian teknik yang sistematis untuk menempatkan website atau blog berada di halaman utama SERP (Search Engine Result Page) dan potensial sesuai dengan keyword yang ditentukan. Melakukan SEO memerlukan keterampilan dan ketekunan. Selain itu, melakukan SEO juga membutuhkan keterampilan analisis, kompetitif, dan strategis.

SEO membutuhkan waktu minimal tiga bulan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Tujuan utama melakukan SEO adalah untuk meningkatkan traffic visitor atau kunjungan dengan keyword yang tertarget. Salah satu indikator utama keberhasilan SEO adalah semakin tingginya posisi website atau blog dengan keyword tertentu di search engine. Semakin tinggi posisi website atau blog dengan keyword tertentu di search engine, maka semakin tinggi pula pengunjung atau visitor yang berkunjung ke website atau blog tersebut.

SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing. Sama seperti SEO, SEM juga memiliki tujuan untuk mendapatkan tampilan website atau blog pada halaman utama Search Engine Result Page. Pengguna SEM umumnya identik dengan penawaran produk. Biasanya, pengguna SEM yang beriklan du search engine adalah toko-toko online yang memiliki produk atau jasa untuk dijual. Meskipun ada, umumnya sangat jarang ditemukan pengguna SEM yang mempromosikan konten tulisan saja. Yang membedakan SEO dan SEM adalah dalam segi biaya.

SEM merupakan trik pemasaran internet yang membutuhkan biaya, sedangkan SEO gratis alias tanpa biaya. Secara teknis, pembayaran Search Engine Marketing umumnya dilakukan dengan cara pay per click atau dengan ketentuan berapa lama waktu. Hasil SEM akan dengan cepat terlihat dari berapa besar dana yang dialokasikan. SEM berfungsi untuk meningkatkan pengunjung dan popularitas, serta keyword yang akan ditargetkan. Baik SEO dan SEM memiliki tingkat kesulitan masing-masing.

Kesimpulannya yaitu, Search Engine Optimization dan Search Engine Marketing tidak digunakan untuk adanya persaingan satu sama lain, tetapi SEO dianggap sebagai bagian dari layanan SEM. Apabila Anda memutuskan untuk melakukan bisnis di dunia internet, sebaiknya website yang Anda miliki dapat ditampilkan pada mesin pencarian organik dan juga pada bagian yang diiklankan.